Fitria Ningsih (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DIKELAS IV SDN 014 KAMPUNG PINANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011105.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan hasil belajar sains siswa khususnya pada pokok bahasan Fungsi Alat Tubuh Manusia setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada pokok bahasan fungsi alat tubuh manusia di kelas IV SDN 014 Kampung pinang? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini penerapan model kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa. Pengambilan data dengan menggunakan post tes dan dokumentasi. Penulis memberikan angka persentase untuk hasil belajar setiap siklus, yaitu sebelum tindakan 57,67%, siklus I 62,14%, siklus II 71,60%. Data juga diambil menggunakan lembar observasi sisswa dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil dengan baik. Dengan kata lain penerapan model pembeljaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IV SDN 014 Kampung Pinang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 09:10 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 09:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1561 |
Actions (login required)
View Item |