Siti Rahmani (2018) Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201838TPAI_COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201838TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201838TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201838TPAI_DAFTAR 1SI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201838TPAI_ABSTRAK.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201838TPAI_BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201838TPAI_BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201838TPAI_BAB III.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
9. 201838TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
|
Text
10. 201838TPAI_BAB V.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201838TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum memiliki peran penting dalam pendidikan dan pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampunan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Melaksanakan kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan? 2). Apa saja factor pendukung dan penghambat Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan? Jenis penelitian yang digunakan adalah Kwalitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data , dimana datanya berbentuk imformasi dan narasi atau menjelaskan melalui kata- kata atau kalimat. Informen dalam penelitian ini adalah 6 orang guru PAI, 1 orang Kepala Sekolah dan 1 orang wakil kepala sekolah. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Tentang Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 di SMK Negeri I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, yaitu : A. Membuat Perencanaan Pembelajaran yang meliputi : (1). Membuat Program Tahunan (2). Membuat Program Semester (3). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ). B. Pelaksanaan Pembelajaran, yang meliputi : (1). Kegiatan Pendahuluan (2). Kegaiatan Inti (3). Kegiatan Penutup. C. Evaluasi, yang terdiri dari : (1). Tehnik Penilaian, yaitu : Observasi, tes tertulis, tes lisan, penugasan, kinerja, proyek dan portofolio. (2). Instrumen Penilaian, berupa : (1), tes (2). Non tes. Kedua, Faktor pendukung Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, yang meliputi : a. Tersedianya sarana prasarana / sumber belajar b. factor fisik guru c. Masa kerja guru d. Tersedianya sarana ibadah e. pembelajaran menyenangkan. Ketiga, Faktor Penghambat Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMKN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang meliputi : a. Kurangnya pelatihan bagi guru PAI b. Kurangnya pengawasan orang tua siswa c. Jauhnya jarak rumah siswa dengan sekolah. Guru harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan kurikulum yang digunakan SMKN I pangkalan Kerinci yang telah menerapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum yang harus digunakan di sekolah
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 04:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 04:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15592 |
Actions (login required)
View Item |