Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN DANA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) DALAM MENINGKATKAN USAHA RUMAHAN DI DESA TELUK PANJI IIKABUPATEN LABUHANBATU SELATAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

NUR LAILA (2018) PEMANFAATAN DANA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) DALAM MENINGKATKAN USAHA RUMAHAN DI DESA TELUK PANJI IIKABUPATEN LABUHANBATU SELATAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Desa Teluk Panji II yang menyalurkan dana kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) untuk modal usaha. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) di Desa Teluk Panji II Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) pada PNPM-MP dalam meningkatkan usaha rumahan di Desa Teluk Panji II Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap Pemanfaatan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) pada PNPM-MP dalam meningkatkan usaha rumahan di Desa Teluk Panji II Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok masyarakat yang melakukan simpan pinjam perempuan (SPP) sebanyak 60 orang. Pada penelitian ini seluruh populasi diteliti dengan menggunakan teknik Total Sampling, Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi yang diambil dari lokasi penelitian. Teknik Analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) pada PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Teluk Panji II Kabupaten Labuhanbatu Selatan mempunyai manfaat yang sangat penting terhadap peningkatan pendapatan usaha rumahan masyarakat di Desa Teluk Panji II. Menurut tinjauan ekonomi Islam Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) pada (PNPM-MP) ini sangat baik membantu dan bermanfaat dalam meningkatkan usaha rumahan masyarakat di Desa Teluk Panji II Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Namun Jika dilihat dari sistem simpan pinjam perempuan (SPP) di Desa Teluk Panji II sangat bertentangan dengan sistem ekonomi syariah, hal ini karena adanya sistem bunga yang diterapkan pada simpan pinjam tersebut, sesuai dengan sistem ekonomi bahwa bunga sama dengan halnya riba, dan hukum dari riba itu sendiri adalah haram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:11
Last Modified: 10 Jul 2019 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item