Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI SAHAM SYARIAH PADA GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau)

EKA HIDAYATUL MUNAWARAH (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI SAHAM SYARIAH PADA GALERI INVESTASI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwamahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah secara basic telah mempelajari kegiatan investasi saham syariah dalam pasar modal pada mata kuliah mereka masing-masing. Namun hal tersebut tidak lantas membuat mahasiswa berminat untuk berinvestasidi Galeri Investasi Syariah yang merupakan sarana utama bagi mahasiswa di Fakultas Syariah dan Hukum serta dapat memberikan konstribusi yang baik untuk mahasiswa dalam segi praktek.Jika pun mereka berminat itu disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana faktor agama, sosial, pribadi dan psikologis dapat secara signifikan mempengaruhi minat mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah terhadap investasi saham syariah di Galeri Investasi Syariah serta bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap investasi saham syariah di Galeri Investasi Syariah. Penelitian ini dilakukan di Galeri Investasi Syariah UIN Suska Riau. Populasi berjumlah 344 mahasiswa dan 2 orang dosen sebagai pengelola Galeri Investasi Syariah dengan sampel menggunakan tehnik accidental sampling yaitu128 mahasiswa dan menggunakan total samplinguntuk2 orang pengelola Galeri Investasi Syariah. Sumber data yakni data primer dan data sekunder Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Untuk metode analisa data yaitu menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi mahasiswa berinvestasi saham syariah di Galeri Invetasi Syariah secara signifikan adalah faktor agama, sosial, pribadi dan psikologis. Hal ini dilihat dari rank yang berada pada posisi tinggi. Dilihat dari nilai r hitung yang terletak pada interval koefisien 0,50 – 0,99 > dari r tabel 0,1736 (Sig. 0,05)dan nilai R Square 87,1%yang berarti bahwa pengaruh variabel independen (faktor-faktor yang mempengaruhi) terhadap variabel dependen (minat mahasiswa berinvestasi saham syariah) sebesar 87,1%. Hasil uji validitas dan reliabilitas dikatakan valid dan intrumen reliabel. Selanjutnya uji t hipotesis yaitu antara faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham syariah menunjukkan hasil masing-masing t hitung dan nilai signifikansinya adalah faktor agama (5,514/ sig. 0,000), faktor sosial (5,237/ sig. 0,000), faktor pribadi (4,055/ sig. 0,000) dan faktor psikologis (3,027/ sig. 0,003) > dari t tabel yakni sebesar 1,657 dengan sig. < 0,05. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah investasi saham syariah di Galeri Investasi Syariah sudah sesuai dengan ajaran syari’at Islam yaitu sesuai dengan akad mudharabah. Dari segi hukum yang ditetapkan juga sesuai dengan Fatwa DSN.Terdapat 14 fatwa yang telah dikeluarkan oleh Dewan Syariah NasionalMajelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang berhubungan dengan pasar modal syariah Indonesia salah satu nya adalahfatwa DSN-MUI No. 80/DSNMUI/III/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:39
Last Modified: 10 Jul 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item