Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT (BAITUL MAL WAT TAMWIL) JAMA’AH AL-AMANAH DI KOTA PADANG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

DINI USMAINI (2018) PENERAPAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT (BAITUL MAL WAT TAMWIL) JAMA’AH AL-AMANAH DI KOTA PADANG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan pembiayaan murabahah pada BMT Jama’ah Al -Amanah di kota Padang adalah untuk modal kerja namun BMT menyediakan uang tunai bukan menyediakan barang pada saat pencairan dana. Rumusan masalah dipenelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembiayaan murabahah pada BMT Jama’ah Al-Amanah di kota Padang dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pembiayaan murabahah pada BMT Jama’ah Al-Amanah di kota Padang. Untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, key informant berjumlah 4 orang yaitu terdiri dari 1 orang pimpinan dan 3 orang karyawan. Peneliti untuk menyebarkan angket kepada responden yang berjumlah 40 orang menggunakann rumus slovin dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling atau pengambillan sampel secara acak. Hasil penelitian adalah proses pembiayaann melalui beberapa tahap seperti permohonan, analisa pembiayaan, persetujuan komite pembiayaan, pengikatan (akad dan jaminan) pembiayaan, pencairan dana dan pengawasan. Semua proses telah dijalani pada setiap pengajuan pembiayaan. Namun pemberian tunai pada pencairan, menurut peneliti tidak sesuia dengan syariah Islam. Alasan BMT Jama’ah Al-Amanah memberikan uang tunai karena mudah diimplementasikan, memudahkan administrasi keuangan, pendapatan BMT dapat diprediksi dan kurangya pemahaman masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:59
Last Modified: 10 Jul 2019 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item