Ermayeti (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DI SDN 023 MUARO SENTAJO KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011104.pdf Download (770kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Beach Ball dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains Siswa Kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di SDN 023 Muaro Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Beach Ball untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan Di SDN 023 Muaro Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai dengan Agustus 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Sains. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Beach Ball pada mata pelajaran Sains, diketahui dari adanya peningkatan keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan meningkat yaitu keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siklus pertama rata-rata mencapai 67,73% atau keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan tergolong “Tinggi” karena 67,73% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 80,91% atau keaktifan belajar Sains siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan tergolong “Sangat Tinggi” karena 80,91% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 85%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran beach ball dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains siswa Kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di SDN 023 Muaro Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:42 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 04:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1539 |
Actions (login required)
View Item |