CHAYO RONA FAKHQUILLA (2018) PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS UNTUK KLASTERISASI PRODUK (Studi Kasus: PT. Hasrat Tata Jaya Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018407SIF.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018407SIF.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018407SIF.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018407SIF.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018407SIF.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018407SIF.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018407SIF.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018407SIF.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018407SIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018407SIF.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018407SIF.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
PT. Hasrat Tata Jaya adalah sebuah perusahaan kontraktor konstruksi yang sudah berdiri sejaktanggal 11 Oktober 1990dengan bidang spesifikasi pekerjaanjalan, jembatan, landasan dan lokasi pengeboran darat. Perusahaan konstruksi adalah perusahan yang mempunyai banyak persaingan bisnis. Jumlah perusahaan ini di Indonesia rata-rata selalu mengalami peningkatansetiap tahun. Persaingan perusahaan sejenis juga meningkat karena diberlakukannyaAsean Free Trade Area(AFTA) pada tahun 2003 yang menyebabkan kontraktor-kontraktor asing dapat dengan bebas ikut bersaing memperebutkan proyek-proyek pada pasar konstruksi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan teknologi mutakhir dibidang konstruksi melalui pendekatan data miningdengan metode clustering, memvisualisasikan pola pengelompokan dan membangun sebuah sistem informasi pengelompokan produk, hal ini dapat dilakukan untuk membantu perusahaan dengan persaingan sesama perusahaan konstruksi tersebut. Metodeclusteringdigunakan untuk mengelompokan data penjualan produk PT. Hasrat Tata Jaya. Pada kasus ini metode clusteringyang digunakan adalah K-Medoidsdengan acuan pengelompokan neto dan volume akuisisi penjualan produk.Produk yang telah dikelompokan kemudian dianalisa pola pengelompokannya. Hasil analisa pola tersebut merupakan perbaikan dari analisa pola lama yang dinilai tidak memberikan gambaran penjualan dari masing-masing produk. Setelah analisa pola maka gambaran dan rekomendasi dapat diambil sebagai sebuah solusi kepada pimpinan terkait dengan pengelompokan produk. Kata kunci: K-Medoids, Persaingan, Perusahaan Kontraktor, Pola Penjualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 09:01 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 09:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15369 |
Actions (login required)
View Item |