Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI MENJEMPUT SUAMI UNTUK RUJUK PASCA PERCERAIAN DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Padang Luas Kec. Tambang Kab. Kampar)

MERI JULITA (2018) TRADISI MENJEMPUT SUAMI UNTUK RUJUK PASCA PERCERAIAN DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Padang Luas Kec. Tambang Kab. Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018142AH.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018142AH.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018142AH.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018142AH.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018142AH.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018142AH.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018142AH.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018142AH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018142AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018142AH.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018142AH.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Di Desa Padang Luas terdapat tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian, yaitu suami istri yang sudah bercerai kemudian selanjutnya ingin rujuk kembali memperbaiki rumah tangga mereka. Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan yang sudah ditetapkan oleh pemuka adat yaitu Ninik Mamak yang ada di Desa Padang Luas, dari proses terlaksananya tradisi ini dengan demikian menarik untuk diteliti. Adapun rumusan masalahnya adalah: Bagaimana pelaksanaan tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian di Desa Padang Luas, bagaimana penerimaan masyarakat terhadap tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian, serta bagaimana tinjauan hukum terhadap tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian. Penelitian ini bertempat di Desa Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Tipe Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi pada subjek penelitian selanjutnya didukung dengan data sekunder melalui buku-buku, jurnal, koran dan lainnya untuk mendukung data. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa melakukan data kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah orang yang melakukan tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian di Desa Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Maka dari tahun 19942016 terdiri sebanyak 5 orang yang pernah melakukan tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian dan 5 orang juga diambil sebagai sampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang dasar bagaimana pelaksanaan tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian, untuk mengetahui secara jelas bagaimana penerimaan masyarakat Desa Padang Luas terhadap tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca peceraian, untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian pada masyarakat Desa Padang Luas Kec. Tambang Kab. Kampar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka pelaksanaannya adalah pertama meminta izin kepada Ninik Mamak, kedua orang tua dan keluarga terdekat, dan mempersiapkan apa-apa saja yang perlu disiapkan, seperti membawa dulang kaki tiga sebagai tempat makanan, tas kosong sebagai tempat pakaian suami. Dasar pemberlakuan tradisi menjemput suami adalah bahwa dalam proses rujuk bukanlah hal yang biasa saja dan di anggap spele, serta menghindari gunjingan dari masyarakat yang ada di Desa Padang Luas. Tinjauan Hukum Islam terhadap tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian ini tidak terdapat larangan untuk dilakukan, dan dalil-dalil ataupun hadist-hadist juga tidak ada menjelaskan tentang suatu larangan melaksanakan tradisi menjemput suami untuk rujuk pasca perceraian tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 05 Jul 2019 08:44
Last Modified: 05 Jul 2019 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item