PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Gusti Warlina, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011102.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi sumber daya alam Murid Kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan penerapan strategi pembelajaran Pair Checks. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas IV tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah murid sebanyak 34 orang. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Pair Checks untuk meningkatkan Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi sumber daya alam murid kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Pair Checks pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan motivasi belajar murid kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan motivasi murid hanya mencapai rata-rata persentase 55,4%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata motivasi belajar murid kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar meningkat pada siklus pertama mencapai 66,7% atau motivasi belajar murid kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar masih tergolong “Cukup Baik” karena 66,7% berada pada rentang 49-71%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,5% atau motivasi belajar murid kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar tergolong “Baik” karena 76,5% berada pada rentang 72-91%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 9,80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran Pair Checks, maka motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Sumber daya alam Murid Kelas IV SDN 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:18
Last Modified: 22 Jan 2016 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item