PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI RW IV KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR

Sri Widia S. Weri, (2011) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI RW IV KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011101.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan keluarga di RW IV Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini adalah kurang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara deskriptif tentang bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan keluarga di RW IV Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar. Menganalisis masalah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan keluarga adalah sesuatu yang sangat penting untuk diangkat dalam sebuah penelitian. Hal ini tentunya sangat beralasan karena pendidikan yang utama dan pertama diterima oleh anak adalah pendidikan dalam sebuah keluarga, dan tentunya lingkungan sebagai sumber belajar memiliki hubungan terhadap keberhasilan pendidikan anak dalam sebuah keluarga. Tergantung bagaimana peran orang tua dalam mengoptimalkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam keluarga itu sendiri. Metode yang digunakan dalam pendidikan ini adalah metode deskriptif analisis, di mana data-data yang dikumpulkan melalui angket di analisis dan di deskriptifkan dengan angka-angka, kemudian diberi komentar atau makna. Disamping itu, untuk melengkapi data yang diperlukan juga diadakan cara angket, wawancara dan observasi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 50 KK dari jumlah populasi sebanyak 253 KK yang ada di RW IV Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan keluarga di RW IV Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar telah dilaksanakan. Hasilnya tidak baik yaitu dengan skor 37,8%. Hal ini dapat diketahui dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden terhadap masing-masing indikator dalam pertanyaan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:17
Last Modified: 22 Jan 2016 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item