PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN QUICK SHORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA MATERI ASMA’UL HUSNA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Hairida, (2011) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN QUICK SHORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA MATERI ASMA’UL HUSNA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201163.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini terlihat siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas terutama pada materi Asma’ul Husna, hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya, selain itu dalam proses pembelajaran siswa cederung lebih banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan teknik pembelajaran quick short dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada materi asma’ul husna siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran quick short pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui adanya peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak Siswa kelas V dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 10 (45,45%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 16 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 72,73%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 75%, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 90,91%. Artinya hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerepan teknik pembelajaran Quick Short dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:16
Last Modified: 22 Jan 2016 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item