MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN SOAL CERITA MELALUI PENERAPAN STRATEGI SYSTEMATIC APROACH TO PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA

Lasmita, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN SOAL CERITA MELALUI PENERAPAN STRATEGI SYSTEMATIC APROACH TO PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201137.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil refleksi awal pada murid kelas V SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya, yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Systimatic Approach To Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid dengan Penerapan Strategi Systimatic Approach To Problem Solving pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya pada Tahun Pelajaran 2009-2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Indikator keberhasilan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah 75% siswa mendapatkan nilai di atas 60. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika murid hanya dengan nilai rata-rata mencapai angka 59 dengan ketuntasan kelas 60% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai angka 61 dengan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Systematic Aproach To Problem Solving dalam proses pembelajaran matematika pada operasi hitung pecahan dengan soal cerita secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:15
Last Modified: 22 Jan 2016 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item