PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRIAL BY JURY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 026 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Siti Suriyanah, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRIAL BY JURY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 026 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201125.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SD Negeri 026 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah, belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65 khususnya dalam pelajaran IPS. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Strategi Pembelajaran Trial By Jury. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimakah penerapan Strategi pembelajaran Trial By Jury dapat meningkatkan hasil belajar peta lingkungan setempat pada mata pelajaran ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV SDN 026 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru?. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 026 Tampan, dan menjadi objek adalah strategi pembelajaran trial by jury. Sedangkan yang menjadi hipotesis penelitian yaitu: melalui strategi pembelajaran trial by jury dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi peta lingkungan setempat kelas IV SD Negeri 026 Kecamatan Tampan Kota Pekabaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Rata-rata persentase hasil belajar siswa pada sebelum tindakan dikategorikan sedang dengan nilai persentase rata-rata 50,3, dan setelah diterapkannya strategi pembelajaran trial by jury pada siklus pertama terjadi peningkatan pada persentase rata- rata 65,5 dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa rata-rata dikategorikan baik dengan persentase rata-rata 76,2, dan tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 76,5 dari keseluruhan jumlah siswa, artinya hampir seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:12
Last Modified: 22 Jan 2016 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item