PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 043 DESA PALAS KECAMATAN RUMBAI

Sulistiani, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 043 DESA PALAS KECAMATAN RUMBAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201124.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 043 Desa Palas Kecamatan Rumbai ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport khususnya pada mata pelajaran Kewarganegaraan (PKn), hasil belajar siswa masih mencapai rata-rata kelas 57,50 atau belum mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas terutama pada materi pokok bahasan globalisasi, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Faktor lain yang menyebabkan hasil belajar rendah di antaranya adalah suasana dalam proses pembelajaran kurang kondusif sehingga siswa sulit untuk berkosentrasi pada mata pelajaran yang di jelaskan oleh guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan Strategi Pembelajaran Instant Assessment dalam pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 043 Desa Palas Kecamatan Rumbai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN 043 Desa Palas Kecamatan Rumbai Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klesikal nilai siswa adalah 48,6. Pada siklus I hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rata-rata 65,7. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori baik dengan rata-rata 75,3 dengan demikian penggunaan Strategi Pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN 043 Desa Palas Kecamatan Rumbai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:09
Last Modified: 22 Jan 2016 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item