PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 TAMPAN PEKANBARU

Deka Eprianti, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201118.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika murid melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Tampan Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Tampan Pekanbaru”? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah murid dan guru. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu tes “t” dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar murid yang signifikan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan sebelum pendekatan keterampilan proses. Dapat dilihat dari rata-rata (mean) sebelum pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses lebih kecil dari pada mean setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses., dimana mean sebelumnya 56.85 dan mean sesudanya mean 70.28 dari analisis SPSS. Analisis data menunjukkan bahwa tindakan yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses diperoleh df = 34 dan t0 (t observasi) = 4,692 berarti lebih besar dari pada tt (t tabel) baik pada taraf signifikan 5% dan 1% (2,03 < 4,692 > 2,72), dengan demikian H0 Ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika murid sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:07
Last Modified: 22 Jan 2016 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item