Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE INTERAKSI SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 042 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Susmiani (2010) PENERAPAN METODE INTERAKSI SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 042 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011351.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis di SDN 042 Penyasawan, diketahui bahwa minat belajar IPS murid pada materi jual beli dilingkungan rumah dan sekolah masih rendah. Untuk itu penulis merasa tertarik untuk mencarikan solusi sehingga diharapkan minat belajar murid meningkat, yaitu dengan penerapan metode interaksi social dapat meningkatkan minat murid pada materi jual beli di lingkungan rumah dan sekolah SDN 042 penyasawan tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III SDN 042 Penyasawan yang berjumlah 28 murid yang terdiri 15 dari laki-laki dan 13 dari perempuan serta guru/observer. Dan objeknya minat belajar murid dan metode interaksi social. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaksi social dapat meningkatkan minat belajar murid kelas III SDN 042 Penyasawan. Hal ini terlihat dari observasi siklus I, II, III seluruhnya menunjukkan kenaikan, yaitu siklus I pertemuan satu meannya 15,97 dan pertemuan kedua meannya 16,9. Pada sikus II Pertemuan satu meannya mencapai 18,07 dan pertemuan kedua siklus II mengalami peningkatan yaitu 20,72.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:06
Last Modified: 22 Jan 2016 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item