Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIKCONTINOUSREVIEW (s.S)DIPUSKESMAS KOTO KAMPAR HULU

ARDI ENDRIFAL (2018) PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIKCONTINOUSREVIEW (s.S)DIPUSKESMAS KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puskesmas Koto Kampar Hulu merupakan puskesmas induk di kecamatan Koto Kampar Hulu yang berlokasi di desa Sibiruang yang melayani masyarakat dengan program pelayanan rawat jalan dan konseling.Puskesmas ini menyediakan berbagai macam obat mulai dari obat generik, BMHP, obat patent, obat gigi. puskesmas belum mengklasifikasikan berdasarkan nilai pemakaiannya dan tingkat kekritisan obat tersebut dalam pengendalian obatnya. Dalam melakukan pemesanan obat puskesmas Koto KamparHulu tidak memperhatikan persediaan maksimum dan sisa persediaan yang ada.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah persediaan obat pada tingkat optimal agar penjualan dapat berjalan dengan lancar dengan biaya persediaan yang minimal di Puskesmas Koto Kampar Hulu.Penelitian ini diawali dengan pengklasifikasian obat menggunakan analisis ABCdan VED.Prioritas I merupakan obat kelas I, yang perhitungan kebijakan persediaannya menggunakan metode Continuous review (s,S), selanjutnya identifikasi pola data permintaan obat. Kemudian dipilih metode peramalan yang sesuai dengan pola data. Untuk menentukan tingkat akurasi kesalahan peramalan dengan membandingkan hasil peramalan dengan data aktual menggunakan nilai MAD dan MAPEterkecil.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode probabilistik Continuous Review(s,S), dapat diketahui bahwa total biaya persediaan obat yang dihasilkan sebesar Rp 2.340.373dan mengalami penghematan sebesar Rp 1.378.286dari kondisi aktual. Kata Kunci:,Analisis ABC-VED,Continuous Review (s,S),Obat, Persediaan, Peramalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 650 ??
Divisions: ?? st_ti ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:55
Last Modified: 05 Jul 2019 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15237

Actions (login required)

View Item View Item