Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMUNGKINAN TERJADINYA FINANCIAL DISTRESS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017)

LOLITA ANGGRAINI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMUNGKINAN TERJADINYA FINANCIAL DISTRESS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Financial distress merupakan kondisi kesulitan keuangan yang dimulai dari kesulitan likuiditas (jangka pendek) sebagai indikasi kesulitan keuangan yang paling ringan, sampai kepernyataan kebangkrutan yang merupakan kesulitan keuangan yang paling berat. Indikator financial distress bisa dilihat dari analisis aliran kas, analisis strategi perusahaan, serta analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan dapat menjadi salah satu alat untuk memprediksi financial distress melalui rasio-rasio keuangan yang ada, yaitu seperti likuiditas, aktivitas, profitabilitas, leverage, arus kas dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage dan Arus Kas terhadap Financial Distress pada Perusahaan Real Estate dan Property Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dari 40 perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 sampai 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik yang terdiri dari hosmer and lemeshow’s goodness of fit test, overall model fit, dan koefisien determinan (R 2 ) untuk mengetahui rangkaian variabel yang mempengaruhi probabilitas Financial Distress. Hasil pengujian menggunakan metode regresi logistik, menunjukkan hasil bahwa dari kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini, menemukan bahwa Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas dan Arus Kas berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress, sedangkan untuk variabel Leverage tidak berpengaruh terhadap Financial Distress. Variabel independen (Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage dan Arus Kas) dapat menjelaskan variabel dependen (Financial Distress) sebesar 53,5% sedangkan sisanya sebesar 46,5% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci : Financial Distress, Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage dan Arus Kas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:42
Last Modified: 05 Jul 2019 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15223

Actions (login required)

View Item View Item