Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KERJASAMA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL PADANG DENGAN PEGADAIAN SYARIAH CABANG KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN USAHA PRODUKTIF MUSTAHIQ DI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

RAISAL PRATAMA SAPUTRA (2018) KERJASAMA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL PADANG DENGAN PEGADAIAN SYARIAH CABANG KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN USAHA PRODUKTIF MUSTAHIQ DI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

BAZNAS Kota Padang terus melakukan inovasi dalam upaya mereka mensejahterakan para mustahiqnya khususnya untuk mustahiq yang memiliki usaha. BAZNAS Kota Padang Bekerjasama dengan Pegadaian Syariah Cabang Kota Padang dalam membina mustahiq yang mempunyai usaha namun memiliki kendala dengan modal dan ilmu pengetahuan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian Syariah Kota Padang dalam meningkatkan kegiatan usaha produktif mustahiq di Kecamatan Kuranji Kota Padang, serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian Syariah Cabang Padang dalam meningkatkan kegiatan usaha produktif mustahiq di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dilakukan di Kantor Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang yang beralamat di jalan By Pass KM 12 Keluran Sungai Sapih Kecamatan Kuranji, Padang. Sedangkan yang menjadai objek dalam penelitian ini adalah kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian Syariah Cabang Padang dalam meningkatkan kegiatan usaha produksi mustahiq di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Populasi dalam penelitian sebanyak 19 orang dan sampel sebanyak 19 orang. Pengambilan sampel dilakukan deng metode Total Sampling sebanyak 19 mustahiq binaan yang beralamat di Kecamatan Kuranji. Sumber data penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket. Metode analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam kerjasama ini mustahiq yang menerima bantuan modal usaha tidak langsung menerima uang, namun di konversikan dulu dengan harga emas, dan emasnya digadaikan di pegadaian syariah, dari hasil tersebut mustahiq baru bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Hasil persentase keseluruhan tentang kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian Syariah sebesar 84,21% hal itu menunjukkan bahwa mustahiq di Kecamatan Kuranji sangat setuju dengan kerjasama ini. Kerjasama ini juga berdampak baik pada perekonomian mustahiq dan juga pengembangan usaha di Kecamatan Kuranji. Hal itu terlihat dari persentase keseluruhan dampak kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian sebesar 71,57% yang menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Kuranji setuju kerjasama ini memiliki dampak yang baik dalam perekonomian. Ditinjau dari ekonomi Islam kerjasama BAZNAS Kota Padang dengan Pegadaian Syariah cabang Padang juga belum sesuai dengan Syariat Islam bedasarkan QS. AN-NISSA’ ayat 29.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:29
Last Modified: 05 Jul 2019 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15216

Actions (login required)

View Item View Item