PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STRATEGI ELABORASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG

Ariati, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STRATEGI ELABORASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011339.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi dilapangan pada siswa kelas IV SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya basil belajar ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Perkembangan Teknologi, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan basil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi siswa Kelas IV SDN 011 Kemang Indah. Kecamatan Tambang Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrwnen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktIVitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Eloborasi dan tes basil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan basil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan nilai rata-rata. 66 dan ketuntasan kelas mencapai 60% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 70,0 dan ketuntasan kelas mencapai 80%. Pada siklus ke III meningkat lagi hingga mencapai nilai rata- rata 71,5 dengan ketuntasan kelas mencapai 95%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi "Melalui penerapan strategi pembelajaran strategi elaborasi dapat meningkatkan basil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi Siswa Kelas IV SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang" Diterima" artinya apabila diterapkan Strategi Pembelajaran Elaborasi secara benar sesuai dengan langkahlangkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan basil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:01
Last Modified: 22 Jan 2016 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item