Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA LEPAT BUGI DANAU BINGKUANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MENURUT EKONOMI SYARI’AH

ADI SETIAWAN (2018) STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA LEPAT BUGI DANAU BINGKUANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, salah satu hal yang dianggap penting yaitu melakukan pemasaran terhadap produk yang telah dihasilkan. Apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang pengusaha lepat bugi di Desa palung raya Danau Bingkuang dalam meningkatkan pendapatan keluarga dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga pengusaha lepat bugi. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pengusaha lepat bugi danau Bingkuang dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, apa faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran pengusaha lepat bugi danau Bingkuang dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dan bagaimana tinjauan ekonomi Syari’ah terhadap strategi pemasaran pengusa ha lepat bugi di Danau Bingkuang dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di Desa Palung Raya Danau Bingkuang, subjek pada penelitian ini adalah para pengusaha lepat bugi desa Danau Bingkuang, sedangkan yang menjadi objeknya adalah strategi pemasaran pengusaha lepat bugi danau bingkuang dalam meningkatkan pendapatan keluarga menurut perspektif ekonomi syariah. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pengusaha Lepat Bugi yang berjumlah 30 pengusaha, jumlah sampelnya 30 pengusaha. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling). Adapun hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha lepat bugi dalam meningkatkan pendapatan keluarga menggunakan marketing mix, dari segi produk mengedepankan dua rasa serta dua warna dan merek menggunakan nama toko sendiri serta di dalam produk terdapat label halal MUI, dari segi harga pengusaha memberikan diskon sebesar 10 % setiap pembelian tiga bungkus, segi promosi dilakukan dengan cara face to face, serta dari lokasi rata-rata pengusaha lepat bugi memilih tempat di tepi jalan raya besar, tepatnya jalan lintas Bangkinang-Pekanbaru. Faktor pendukung berasal dari lokasi yang strategis, bahan baku yang mudah didapat, sumber daya manusia yang mudah dicari, produknya yang merupakan jajanan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya berasal dari modal awal yang cukup besar, sikap masyarakat yang berubah-ubah atau sikap konsumen terhadap barang yang diperjual belikan, ukuran lepat bugi dan ketahanan dari lepat bugi tersebut yang tidak lebih dari dua hari satu malam. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha lepat bugi tersebut telah sesuai dengan tinjauan ekonomi syari’ah, baik dari segi produk, harga,tempat promosi dan lokasi yang dipilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:20
Last Modified: 05 Jul 2019 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15207

Actions (login required)

View Item View Item