PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI BUZZ GROUP PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Yasparaini, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI BUZZ GROUP PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011316.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, diantaranya: Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi wacana, hanya sebagian kecil dari jumlah siswa yang mampu menyebutkan gagasan pokok dan penjelas dalam wacana. Sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah wacana, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk menjawabnya. Sulitnya siswa menyimpulkan isi sebuah wacana, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah cerita hanya 5 orang atau (33.33%) yang dapat menyimpulkan isi sebuah wacana. Sulitnya siswa menyebutkan pandangan atau amanat yang terdapat dalam sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyebutkan pandangan atau amanat dalam cerita hanya 5 orang (33,33%) yang mampu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Buzz Group Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klasikal nilai siswa adalah 63,4. Pada siklus I hasil belajar siswa dikategorikan dengan rata-rata klasikal nilai 69,9. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori tinggi dengan rata-rata klasikal nilai 72,8 dengan demikian penggunaan Strategi Buzz Group dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:54
Last Modified: 22 Jan 2016 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item