Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KASUS DETEKSI BORAKS PADA BAKSO, SOSIS, DAN NUGGET DENGAN MENGGUNAKAN TESTER KIT PERIODE MARET- APRIL 2017 DI KABUPATEN ROKAN HULU

RIKI SAHARA (2018) STUDI KASUS DETEKSI BORAKS PADA BAKSO, SOSIS, DAN NUGGET DENGAN MENGGUNAKAN TESTER KIT PERIODE MARET- APRIL 2017 DI KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Boraks merupakan senyawa kimia turunan dari logam berat boron (B) dan biasa digunakan sebagai bahan anti jamur, pengawet kayu, dan antiseptik pada kosmetik. Penggunaan boraks sebagai bahan pengawet dalam makanan telah dilarang penggunaannya oleh pemerintah, namun kenyataannya masih banyak ditemukan penggunaan boraks dalam makanan. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan Maret sampai April 2017 di Kabupaten Rokan Hulu dan bertujuan untuk mendeteksi boraks yang terdapat dalam makanan olahan hasil hewani seperti bakso, sosis, dan nugget dengan menggunakan Tester Kit di Kabupaten Rokan Hulu. Analisis deskriptif dilakukan untuk penelitian, sejumlah sampel termasuk 16 bakso, 7 sosis, dan 7 nugget diperoleh dari penjual makanan dari pedagang yang terpilih sesuai dengan omset penjualan harian tertinggi di daerah Kabupaten Rokan Hulu. Dari semua sampel tidak ada perubahan warna yang muncul pada TesterKit. Jadi, disimpulkan bahwa semua sampel bakso, sosis, dan nuggetterbukti tidak mengandung boraks dengan menggunakan uji Tester Kit periode Maret-April 2017 di Kabupaten Rokan Hulu.Kata kunci: bakso, boraks, nugget, Rokan Hulu, sosis, tester kit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 630.7 ??
Divisions: ?? per_pet ??
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:02
Last Modified: 05 Jul 2019 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item