PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE VALUE CLARIVICATION TEHNIQUE (VCT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 006 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Widia Yetri, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE VALUE CLARIVICATION TEHNIQUE (VCT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 006 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011309.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil refleksi awal pada siswa Kelas V SD Negeri 006 Tambang Kecamatan Tambang, yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan metode Value Clarivication Technique. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode VCT pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 006 Tambang Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2009-2010. Penelitian dilaksanakan Selama 3 bulan, mulai dari bulan Mei 2010 hingga selesai. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa dilakukan tes pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan nilai rata-rata mencapai 69. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 72,25. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui Pengunaan Metode Value Clarivication Tehnique (VCT) Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas V SD Negeri 006 Tambang Kecamatan Tambang akan Meningkat “Diterima” artinya apabila diterapkan metode Value Clarivication Technique (VCT) secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:53
Last Modified: 22 Jan 2016 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item