Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PILKADA DKI JAKARTA PUTARAN KEDUA TAHUN 2017 TERHADAP REAKSI PASAR (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS KOMPAS 100 DI BURSA EFEK INDONESIA)

LILIS KURNIA SARI (2018) PENGARUH PILKADA DKI JAKARTA PUTARAN KEDUA TAHUN 2017 TERHADAP REAKSI PASAR (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS KOMPAS 100 DI BURSA EFEK INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata abnormal return, trading volume activity, dan likuiditas saham sebelum dan sesudah peristiwa pilkada DKI Jakarta putran kedua tahun 2017. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam indeks Kompas100 periode Februari-Juli 2017. Metode penentuan sampel dengan metode total sampling, dimana jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode event study untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar terhadap suatu peristiwa. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yakni selama enam hari yaitu selama 3 hari sebelum peristiwa dan 3 hari sesudah peristiwa. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Wilcoxon Signed Ranks dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Berdasarkan uji statistik terhadap Average Abnormal Return (ARR) selama periode peristiwa, ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada Average Abnormal Return sebelum dan sesudah peristiwa pilkada DKI Jakarta dengan tingkat signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). (2) Berdasarkan uji statistik terhadap Average Trading Volume Activity (ATVA) selama periode peristiwa, ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada Average Trading Volume Activity sebelum dan sesudah peristiwa pilkada DKI Jakarta dengan tingkat signifikansi sebesar (0,874 > 0,05). (3) Berdasarkan uji statistik terhadap rata-rata Likuiditas Saham selama periode peristiwa, ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada ratarata Likuiditas Saham sebelum dan sesudah peristiwa pilkada DKI Jakarta dengan tingkat signifikansi sebesar (0,861 > 0,05). Kata Kunci: Pilkada DKI Jakarta putaran kedua tahun 2017, Event Study, Average Abnorml Return, Average Trading Volume Activity, RataRata Likuiditas Saham

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 658 ??
Divisions: ?? ek_mn ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:47
Last Modified: 04 Jul 2019 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item