UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE NUMBER HEAD TO GETHER PADA MATERI POKOKOKDAN SIFAT- SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 032 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Nurhamidah, (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE NUMBER HEAD TO GETHER PADA MATERI POKOKOKDAN SIFAT- SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 032 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011305.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran langsung menggunakan alat peraga manik-manik siswa kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan dua kali pertemuan pelaksanaan tindakan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang pada materi pokok bilangan bulat. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 40%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 93%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran langsung menggunakan alat peraga manik-manik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:52
Last Modified: 22 Jan 2016 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item