PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 036 BUKIT SEMBILAN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Mutia Rissa, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 036 BUKIT SEMBILAN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011184.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan adanya sebagian siswa yang banyak bermain bersama teman sebangku ketika guru menjelaskan pelajaran, dan dalam menyampaikan materi pelajaran guru lebih cendrung menggunakan metode ceramah, sehigga siswa terlihat bosan dalam mengikuti pelajaran. Pembelajaran Quantum adalah penggabungan belajar yang meriah (ramai yang bersifat suka) dengan segala nuansa (bervariasi, dan bermakna), mereka dapat bertahan berlama-lama dalam ruangan tanpa mengenal lelah atau bosan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pembelajaran Quantum dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pelestarian sumber daya alam siswa kelas III SDN 036 Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang Seberang?. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran Quantum pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa masih mencapai 14 orang (70,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (30,00%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 6,5. Artinya hasil belajar siswa pada siklus I belum 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 18 orang (90,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 2 orang siswa (10,00%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 6,5. artinya ketuntasan siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas III SDN 036 Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:46
Last Modified: 22 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item