PERANCANGAN DAN SIMULASI TATA LETAK FASILITAS GUDANG DI PT. ORIFLAME INDONESIA CABANG PEKANBARU

Diaan Masruri, (2011) PERANCANGAN DAN SIMULASI TATA LETAK FASILITAS GUDANG DI PT. ORIFLAME INDONESIA CABANG PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201124.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir yang penulis laksanakan saat ini adalah pengaturan tata letak yang bertujuan untuk merancang tata letak fasilitas gudang yang baik, sehingga pergerakan operator lebih baik dan efisien dalam melakukan pelayanan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengukur secara langsung dimensi ruang dan fasilitas gudang, melakukan wawancara dengan pihak manajemen, kepala gudang, dan karyawan gudang serta mencari data sekunder di PT. Oriflame Indonesia Cabang Pekanbaru berupa jumlah produk, jenis produk, jenis fasilitas dan jumlah fasilitas dalam gudang. Tahapan penyelesaian penelitian diawali dengan melakukan peramalan produk yang bertujuan untuk mengetahui berapa kebutuhan jumlah produk yang akan dimuat di dalam gudang sehingga kebutuhan rak spare stock gudang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jumlah produk. Selanjutnya pengaturan tata letak fasilitas gudang dilakukan dengan menggunakan peta keterkaitan kegiatan/ARC (Activity Relationship Chart) untuk mengetahui hubungan kedekatan pada tiap peralatan fasilitas gudang, Worksheet, Block Template, ARD dan menghitung kebutuhan luas lantai. Hasil rancangan tata letak fasilitas gudang digambarkan dengan menggunakan program Autocad dalam 2 dimensi dan disimulasikan dengan program Promodel 6.0. Dari hasil pengolahan data, maka dapat diketahui bahwa pengaturan tata letak fasilitas gudang disusun berdasarkan alur kerja operator. Rancangan tata letak fasilitas gudang pada PT. Oriflame Indonesia Cabang Pekanbaru belum optimal, ini diketahui setelah melakukan perbandingan simulasi antara layout awal dan layout usulan, untuk layout awal didapatkan waktu satu siklus pelayanan 1.28 menit dan layout usulan 1.18 menit satu siklus pelayanan atau terjadi efisiensi waktu pelayanan sebesar 11,36%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item