Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMIKIRAN HARUN NASUTION TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Muhammad Alparadi (2011) ANALISIS PEMIKIRAN HARUN NASUTION TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201187.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di artikan sebagai latihan mental, moral, dan fisik yang bisa menghasilkan manusia yang berbudaya tinggi, maka pembelajaran berarti menumbuhkan personalitas serta menanamkan rasa tanggung jawab. Menurut Harun Nasution pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi penekanannya hanya pada ritual atau ibadah, tanpa di kaitkan dengan aspek-aspek teologi, aspek spiritual dan moral, aspek sejarah, aspek kebudayaan, aspek politik, aspek hukum, aspek lembaga-lembaga kemasyarakatan, aspek mistisme dan tarekat, aspek falsafat, aspek ilmu pengetahuan dan aspek pemikiran serta usaha-usaha pembaharuan dalam Islam. Penelitian ini bersipat penelitian pustaka (Library Research), objek utama penelitian ini adalah pemikiran Harun Nasution tentang masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam khusus di Perguruan Tinggi Islam. Untuk sampai pada persoalan pokok, maka pengumpulan data di lakukan dengan melakukan penelitian dengan metode Interpretasi maksudnya dengan metode penafsiran yang lebih luas tentang pemikiran Harun Nasution, dan karya ilmuan lainnya tentang Harun Nasution yang mendukung dan berkaitan dengan pokok penelitian tesis ini. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang objektif dan ilmiah, maka penulis menggunakan pendekatan, yaitu semua data yang telah diproses secara sistematis dan di klasifikasikan, dikaji dengan menggunakan pendekatan filosofis pedagogis. Dengan pendekatan tersebut, semua variabel yang berhubungan pendidikan di analisa berdasarkan pendekatan rasional Harun Nasution. Hasil penelitian ini adalah Harun Nasution di samping memiliki pemikiran pembaruan atau sebagai ilmuan muslim yang sangat berpengaruh di Indonesia, Harun Nasution juga mempunyai gagasan konsep pembaruan atau teori dalam pembelajaran pendidikan agama Islam khusus di Perguruan Tinggi, seperti konsep pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi, tujuan pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi, materi pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi Islam, dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Harun Nasution adalah usaha mengisi pikiran mahasiswa dengan ilmu pengetahuan yang menjiwai agama, dan mengembangkan keterampilannya serta mengembangkan aspek moral, agama dan intelektualnya. Konsep ini sejalan dengan konsep manusia yang tersusun dari berbagai potensi seperti tubuh atau indera, akal, dan hati nurani.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 08:54
Last Modified: 22 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item