PENILAIAN TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN DAN PENGARUHNYA KEPADA KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI ( UNISI ) TEMBILAHAN TAHUN AKADEMIK 2011

Khairuddin, (2011) PENILAIAN TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN DAN PENGARUHNYA KEPADA KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI ( UNISI ) TEMBILAHAN TAHUN AKADEMIK 2011. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201158.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia Indragiri Hilir. Agar peran yang strategis dan besar tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka sumber daya pendidikan perguruan tinggi haruslah memiliki kompetensi yang unggul. Dosen sebagai sumber daya pendidikan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat sentral dan strategis dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, maka perlu dilakukan program peningkatan sumber daya pendidikan/dosen secara terencana, terarah dan berkesinambungan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian terhadap implementasi program peningkatan sumber daya pendidikan dan pengaruhnya kepada kinerja dosen di Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan Tahun 2011 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional yakni penelitian yang berusaha mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Sampel dalam peneltian ini adalah dosen tetap yang ada dilingkungan Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan dengan jumlah sampel 30 responden. Data penilaian responden tentang pelaksanaan program peningkatan sumber daya pendidikan dan data tentang kinerja dosen dijaring melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program peningkatan sumber daya pendidikan yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi dinilai baik pelaksanaannya yakni dharma pendidikan 66,6 % = 20 responden, dharma penelitian 60 % = 18 responden, dharma pengabdian masyarakat 53,3 % = 16 responden. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh/korelasi, peneliti menggunakan uji statistik Chi Square dengan tingkat kesalahan 5% = 0,05 dan dk =1 maka Chi Kuadrat Tabel = 3,841. Apabila Chi Kuadrat Hitung > Chi Kuadrat Tabel maka terdapat Pengaruh (Ha) sebaliknya bila Chi Kuadra Hitung < Chi Kuadrat Tabel maka tidak terdapat pengaruh (Ho). Didapatkan hasil dharma pendidikan/Ha = 8,11 > 3,841 dharma penelitian/Ho = 3,75 < 3,841 dharma pengabdian masyarakat/Ha = 6,45 > 3,841. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Universitas Islam Indragiri (UNISI) Tembilahan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Pendidikannya dengan berbagai program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dosen sebagai sumber daya pendidikan perguruan tinggi hendaknya secara terus menerus melakukan perbaikan kualitas dirinya, salah satu diantaranya adalah meningkatkan kemampuan ilmiahnya dengan banyak melakukan penelitian dan memproduksi karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 08:54
Last Modified: 22 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item