Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PERBANDINGAN PEMIKIRAN ‘ABDULLAH NÂSHIH ‘ULWÂN DAN DOROTHY LAW NOLTE)

Nurdiyanto Khusna Hadi (2011) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PERBANDINGAN PEMIKIRAN ‘ABDULLAH NÂSHIH ‘ULWÂN DAN DOROTHY LAW NOLTE). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201151.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (Perbandingan Pemikiran ‘Abdullah Nâshih ‘Ulwân dan Dorothy Law Nolte) Fokus penelitian ini adalah pendidikan anak usia dini. Perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya faktor keturunan dan lingkungan. Keturunan (hereditas) dianggap oleh sebagian ahli pendidikan anak, menurunkan sifat bawaan dari kedua orang tuanya. Namun beberapa ahli pendidikan menganggap faktor lingkungan atau pendidikan lah yang berpengaruh terhadap perkembangan anak. Perbedaan pendapat inilah yang melatar belakangi penulis untuk membandingkan pemikiran dua tokoh pendidikan anak, yaitu ‘Abdullah Nâshih ‘Ulwân dan Dorothy Law Nolte. Menurut ‘Abdullah Nâshih ‘Ulwân, pendidikan anak usia dini harus dilakukan sejak masa perkawinan sebagai tahap persiapan. Pemilihan calon orang tua yang baik akan berpengaruh kepada sifat-sifat anak. Tidak lupa juga pendidikan anak harus dirancang dan direncakanan dengan baik meliputi metode dan kurikulumnya yang lengkap yang meliputi pendidikan iman, moral, fisik, rasio, kejiwaan dan sosial, yang harus disampaikan dengan metode-metode yang tepat yaitu : metode keteladanan, kebiasaan, nasehat, perhatian dan hukuman. Dorothy berpendapat pendidikan anak usia dini dipengaruhi oleh tingkah laku orang tuanya. Materi yang diajarkan hanya tentang pendidikan jiwa dan sosial dengan menggunakan metode contoh dan keteladanan. Anak belajar dari apa yang ia lihat dari orang tuanya. Kehidupan orang tuanyalah yang banyak berperan dalam membentuk kondisi kejiwaan anak. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa meskipun kedua tokoh memiliki beberapa perbedaan dalam metode dan kurikulumnya, namun persamaan yang paling penting antara kedua tokoh adalah pentingnya peranan kedua orang tua dalam mendidik anak. Dalam kondisi apapun, orang tua harus memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak, karena apa yang anak lihat dan rasakan dari orang tua merupakan pendidikan yang paling berpengaruh dalam membentuk kepribadian anak. Keyword : Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 08:54
Last Modified: 22 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item View Item