Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT-SIFAT GURU DALAM PANDANGAN MAHMUD YUNUS ( Tinjauan Psikologis-Pedagogis )

Firdaus (2011) SIFAT-SIFAT GURU DALAM PANDANGAN MAHMUD YUNUS ( Tinjauan Psikologis-Pedagogis ). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201140.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik mempunyai peran dalam rangka meningkatkan kualitas suatu bangsa. Ditangan gurulah nasib suatu bangsa ditentukan. Baiknya kualitas suatu bangsa terletak pada baik atau buruknya guru pada bangsa tersebut. Dewasa ini sosok guru banyak mendapat kecaman dan sorotan dari masyarakat. Terutama mengenai kualitas guru yang ada ditengah-tengah masyarakat. Tersebut lebih disebabkan oleh rendahnya kualitas guru yang kita miliki pada saat sekarang ini. Menyikapi hal ini, Mahmud Yunus, seorang ahli pendidikan merumuskan bagaimana sifat-sifat yang harus dimiliki seorang guru dalam mengemban amanah yang sangat besar dipundaknya. Mahmud Yunus sebagai seorang ilmuan banyak memberikan kontribusi pemikirannya dalam pendidikan. Dan pemikiran-pemikiran beliau dapat kita jadikan suatu rujukan dalam mengonsep kembali tatanan pendidikan yang memerlukan penelaahan dan pemikiran. Pemikiran-pemikiran Mahmud Yunus dalam hal pendidikan telah memberikan ide vagi penulis untuk menelaah pemikiran Mahmud Yunus sehingga muncullah judul penelitian ini “ Sifat-sifat Guru Dalam Pandangan Mahmud Yunus (tinjauan psikologis pedagogis” Jenis penelitian ini adalah studi pustaka, sedangkan metode yang digunakan adalah content analisis. Sedangkan sumber data terdiri dari data primer yang berasal dari karangan Mahmud Yunus sendiri dan data skunder dari berasal dari buah karya orang lain. Dari hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa sifat yang dimilki guru akan mempengaruhi sikap,minat anak dalam belajar. Sifat guru juga akan menciptakan interaksi yang baik antara guru dan murid. Sifat guru yang baik akan juga berperan dalam menciptakan karakter pada individu anak didik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 08:54
Last Modified: 22 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item