Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SELEKSI Isolat Phlebiopsis sp. SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI TERHADAP Phellinus noxius PENYEBAB BUSUK HATI PADA TANAMAN AKASIA (Acacia manguim Willd.)

MUHAMMAD NUR REZA (2018) SELEKSI Isolat Phlebiopsis sp. SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI TERHADAP Phellinus noxius PENYEBAB BUSUK HATI PADA TANAMAN AKASIA (Acacia manguim Willd.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Phellinus noxius adalah cendawan penyebab busuk hati pada tanaman Akasia. Penelitian ini bertujuan untuk menyeleksi cendawan Phlebiopsis sp. terbaik dalam mengendalikan serangan cendawan patogen Phellinus noxius. Agen pengendali yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pb1, Pb2, Pb4, Pb5, Pb6, Pb8, Pb9 dan Pb10. Penelitian dilakukan di Laboratorium Plant Protection SectionPT. Arara Abadi pada Bulan Oktober 2016 sampai Januari 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Rancangan Acak Lengkap dengan sepuluhperlakuan dan 10 ulangan. Parameter yang diamati adalah keparahan penyakit, persentase kolonisasi inokulum dan uji koloni inoculum secara invitro denganmetode Postulat Koch. Hasil penelitian menunjukkan tidak dijumpai keparahan penyakit, persentase koloniPhlebiopsis sp. terhadap patogen Phellinus noxiussebesar : Pb8 85%, Pb9 70%, Pb5 55%, Pb 10 4,7%, Pb6 27,5%, Pb2 22,5%, Pb1 12%, Pb4 2,5%, dan uji koloni inokulum secara in vitroPhlebiopsis sp. mampu tumbuh di inokulum Phellinus noxius. Cendawan yang berpotensi sebagai agen pengendali hayati terbaik yaitu Pb8 baik dalam uji secara in vitro maupun uji dilapangan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pencirian morfologi dari Phlebiopsis sp. untuk mendapatkan informasi yang lebih sfesifik.Kata Kunci : Phlebiopsis sp;Agen Pengendali Hayati: Phellinus noxius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 630 ??
Divisions: ?? per_ag ??
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:34
Last Modified: 03 Jul 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item View Item