Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ALGORITMA WAGNER WITHIN DAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING(MRP)(Study Kasus:CV Dhika Putra)

AHMAD RUSDI (2018) PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU DENGAN METODE ALGORITMA WAGNER WITHIN DAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING(MRP)(Study Kasus:CV Dhika Putra). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

CV. Dhika Putra merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi tahu. Permasalahan yang terjadi yaitu proses produksi yang sering kali tidak didukung oleh persediaan bahan baku yang baik, pembelian bahan baku yang dilakukan oleh perusahaan lot size nya yang selalu sama setiap kali pemesanan. Akibatnya terjadinya penumpukan atau kekurangan bahan baku, karena pemesanan yang selalu sama jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perencanaan bahan baku produksi yang tepat untuk menimalkan biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan dengan menggunakan metode Algoritma Wagner –Withindan MRP (Material Requirement Planning). Langkah awal yang dilakukan adalah meramalkan kebutuhan bahan baku menggunakan metode Moving Averagedan Exponential Smoothing karena pola data Acak/ Random. Selanjutnya dengan metode Algoritma Wagner –Within, di peroleh jumlah pengorderan optimal sebanyak7 kali dalam 3 bulan dengan lot sizeyang tepat. Kemudian berdasarkan perhitungan safety stock sebanyak109,04Kg dan waktu pemesanan ulang (Reorder Point) ketika persediaan di gudang sebanyak 3.065,04 Kg, selanjutnya membuat Master Production Schedule (MPS) dan dari data MPS digunakan untuk menghitung bahan baku membuat MRP. Hasil perhitungan biaya persediaan dengan menggunakan metode Algoritma Wagner –Within ini di dapat penghematan sebesar Rp.1.022.156,-/ 3 bulan dengan persentase 30,2% dari biaya aktual.Kata Kunci : Algoritma Wagner –Within,MRP,Peramalan, Reorder Point (ROP ), Safety , stock

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? tek_ilterap ??
Divisions: ?? st_ti ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:24
Last Modified: 01 Aug 2019 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item