PERLAKSANAAN NAFKAH KELUARGA DI TANGGUNG OLEH ISTRI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KG. BUKIT KANDIS,KUALA TERENGGANU,MALAYSIA)

AIN ATIQAH BINTI RAZAK, (2018) PERLAKSANAAN NAFKAH KELUARGA DI TANGGUNG OLEH ISTRI MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KG. BUKIT KANDIS,KUALA TERENGGANU,MALAYSIA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__201894AH.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__201894AH.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__201894AH.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__201894AH.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__201894AH.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__201894AH.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__201894AH.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__201894AH.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__201894AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__201894AH.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201894AH.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya istri yang menanggung nafkah keluarganya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana respon istri sebagai menanggung nafkah keluarga di Kampung Bukit Kandis, Kuala Terengganu, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi istri menanggung keluarga dan bagaimana tinjauan hukum islam mengenai istri yang menanggung keluarga. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon istri yang menanggung nafkah keluarga itu sendiri di Kampung Bukit Kandis,Kuala Terengganu, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi istri yang menanggung keluarga, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap istri yang menanggung nafkah keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Kampung Bukit Kandis, Kecamatan Kuala Nerus, Kabupaten Kuala Terengganu. Metode analisa data yang digunakan adalah metode Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pasangan suami istri di Kampung Bukit Kandis Kuala Terengganu. Sementara objek penelitian ini adalah perlaksanaan nafkah keluarga ditanggung oleh istri di Kampung Bukit Kandis Kuala Terengganu. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari masyarakat Kampung Bukit Kandis, Kuala Terengganu yang berjumlah 170 KK secara keseluruhan dan jumlah istri yang menanggung keluarga adalah sebanyak 50 KK. Karena keterbatasan penulis, maka penulis menetapkan sampel sebanyak 10 KK dalam penelitian. Pengambilan sampel menggunakan cara sampling insidental yang mana sampel yang diperoleh oleh penulis secara kebetulan saja tanpa perencanaan terlebih dahulu dan penulis menyakini bahwa orang yang ditemui itu cocok sebagai sumber data. Dalam pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari responden yaitu 10 pasang suami istri yang nafkahnya ditanggung oleh istri. Data primer ini adalah hasil observasi, dan wawancara dengan warga masyarakat di Kampung Bukit Kandis Kuala Terengganu Malaysia sedangkan data sekunder adalah data yang diambil dari buku-buku, dokumen dan informasi yang ada hubungannya dengan judul penelitian ini. Adapun metode penulisan dalam penelitian adalah teknik penulisan deskriptif, dan deduktif. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa yang wajib menafkahi keluarga adalah kewajiban suami. Dalam hal mencari nafkah istri hanyalah sebagai membantu dalam meringankan kebutuhan keluarga. Dari hal ini dibimbangkan dampak yang akan terjadi dalam keluarga yaitu kurang dihargainya sebagai kepala keluarga. Dalam Nash Al-Quran dan Al-Hadits telah dijelaskan apabila terjadi akad nikah yang sah maka suami wajib memberikan nafkah kepada istri. Maka dari itu tidak ada kewajiban dari seorang istri untuk mencari nafkah, walaupun ia mempunyai kemampuan. Kata Kunci : Nafkah Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:14
Last Modified: 03 Jul 2019 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item