Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SISTEM AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKASTANDARAKUNTANSI PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA BATIN SUIRKECAMATAN TEBING TINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI TAHUN 2015-2016)

RAHARJO (2018) ANALISIS SISTEM AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKASTANDARAKUNTANSI PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA BATIN SUIRKECAMATAN TEBING TINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI TAHUN 2015-2016). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Sistem Akuntansi dan Manajemen Keuangan Desa Batin Suir dalam pengelolaan dana desa apakah telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan Desa dan juga untuk mengetahui kesiapan prangkat desa dalam menerapkan Sistem Akuntansi dan Manajemen Keuangan Desa Batin Suir yang bedasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan Desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriktif yaitu metode yang digunakan untuk mencari unsur-unsur, ciri-ciri, sifat-sifat suatu fenomena. Jenis data dan analisisnya yaitu data kualitatif yang merupakan data berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Pengumpulan data dengan cara observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara selanjutnya dilakukan analisis data sehingga dapat dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keuangan Desa Batin Suir telah mengikuti siklus pengelolaan keuangan desa yang berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014. Begitu juga dengan sistem akuntansi di desa batin suir telah menerapkan sistem keuangan desa (Siskeudes) yang terprogram dengan format laporan telah diatur sesuai dengan peraturan yang ada. Namun secara pelaksanaan pengelolaan dana desa tersebut masih banyak kendala, kendala tersebut seperti minimnya pengetahuan prangkat desa terkait pencatatan laporan pertanggungjawaban desa yang masih terdapat kekeliruan sehingga terjadi kesalahan dalam memberikan informasi laporan, Pengarsipan dokumen yang kurang baik, keterlambatan pencairan dana dari kabupaten, dan keterlambatan dalam memberikan laporan pertanggungjawaban kepada bupati. Sehingga perlu adanya peningkatan pengetahuan prangkat desa dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan terkait tugas dan fungssi masing-masing bidangnya. Kata Kunci : Sistem Akuntansi, Manajemen Keuangan dan Pengelolaan Dana Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:01
Last Modified: 03 Jul 2019 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item