Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN ISLAM DI RUMAH TANGGA MENURUT HASAN LANGGULUNG

Khorul Jaman Harahap (2010) PENDIDIKAN ISLAM DI RUMAH TANGGA MENURUT HASAN LANGGULUNG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201120-.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini diarahkan untuk menjawab persoalan yang diungkap Hasan Langgulung. Untuk itu data diambil dari buku karangan Hasan Langgulung yang memiliki beberapa karangan. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh, diolah, maka penulis menggunakan metode diskriptif analisis yaitu penulis mengumpulkan yang dikemukakan secara diskriftif, kemudian di analisis menjadi sebuah pengambilan sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasan Langgulung mengemukakan: 1. Menjelaskan fakta pendidikan Islam di rumah tangga Menurut Hasan Langgulung dari segi pandangan individu beranggapan bahwa manusia hidup di atas dunia ini memiliki seberkas kemampuan yang sama yang dalam perkembangannya memiliki perbedaan dalam derajat akibat pengembangan pemikiran yang tidak sempurna yang intinya adalah ketidakseragamannya dalam menerima sesuatu pendidikan. 2. Menentukan konsep-konsep dan proses pendidikan rumah tangga secara mendetail. Hasan Langgulung menjelaskan bahwa bagaimanapun tingginya perkembangan dan perubahan di dalam masyarakat modern yang didesain untuk menjawab kebutuhan masyarakat madani keluarga tetap memiliki fungsi yang berguna dalam segala lembaga lambaga formal lainnya. Dan sudah menjadi sebuah kewajiban keluarga untuk memelihara fungsi tersebut dalam mendidik dan menumbuhkan aspek kepribadian anak. 3. Fungsi pendidikan Islam di rumah tanga dalam pencerdasan intelektual. Hasan Langgulung memberikan model pendidikan yang ideal bagi seorang individu untuk meningkatkan, mengembangkan, menumbuhkankan bakat, minat, dan kemampuan akalnya dan memberinya pengetahuan dan keterampilan yang perlu dalam kehidupannya. Funsi akal adalah berpikir berdasarkan pengamatan untuk menghasilkan sesuatu keputusan dan keluarga harus mempunyai peranan menjadikan rumah tangga sebagai motivator dan budaya

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Jan 2016 06:09
Last Modified: 22 Jan 2016 06:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item