PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU TERHADAP BERITA POLITIK DI METRO TV(Studi pada Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017)

KARIM KURNIAWAN, (2018) PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU TERHADAP BERITA POLITIK DI METRO TV(Studi pada Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201830KOM.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201830KOM.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201830KOM.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201830KOM.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201830KOM.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201830KOM.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201830KOM.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201830KOM.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_201830KOM.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_201830KOM.pdf
Restricted to Repository staff only until 2018.

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_201830KOM.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201830KOM.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui persepsi mahasiswaterhadap berita politikdi Televisi.Dimana kajian mahasiswa,membandingkan teori-teori dengan praktik dilapangan, sehingga lebih berperan dalam memberikan penilaian-penilaian dan persepsi kepada tayangan beritapolitikdi Televisi, karena kekuatan politikmediaTelevisiadalah,dapat digunakan sebagaipencitraan golongan maupun partai, padadasarnyacara yang digunakan adalah dengan mengkonstruksi pada kekuatan politik, sehinggamempunyai kekuatan signifikan dalam komunikasi politik untuk mempengaruhi khalayak, danpenulis batasi pada berita politik Metro TV terhadap Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017. Pemilihan media televisi Metro TVsangat menarik diangkat karena media tersebutsering membahas berita politik Pilgub DKIdengankemasan dan program yang berbeda-beda, seperti Headline News, PrimetimeNews, Selamat Pagi Indonesiadan lain-lain. Berdasarkan teoriyang penulis gunakan, yaituStimulus-Organism-Response(SOR),penulis memakai indikator rangsangan yang mempengaruhikomunikan saat menerima pesan (Stimulus)yang berkaitan dengan tayangan berita politik di Metro TV.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasiangkatan 2013, 2014, dan 2015dengan jumlah sampel 92orang. Jenis penilitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dengan rumus P=!!x100%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat persepsimahasiswa jurusan Ilmu Komunikasiadalahtinggi dengan angka73,42%.Yang berarti informasi dalam berita politik Metro TV hampirsepenuhnya sesuai dengan informasi yang beredar di masyarakat, danbanyak juga mahasiswa yang membutuhkan informasi berita politik Metro TV sebagai wawasan pengetahuan mengikuti perkembangan politik di Indonesia.Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau, Berita Politik Metro TV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms. Eva Susilawati
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:36
Last Modified: 03 Jul 2019 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item