MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Ismiati, (2010) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011165.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui strategi plantedquestion di kelas IV SDN 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Persoalan tidak aktifnya murid dalam belajar terutama dalam belajar IPS merupakan salah satu yan harus dicari solusinya oleh pihak terkait, terutama guru yang mengajarkan IPS, karena ketidakaktifan seperti ini akan berdampak pada hasil belajar atau prestasi siswa. Supaya hal ini tidak larut dalam waktu yang lama dialami oleh peserta didik, maka peneliti menawarkan solusinya yaitu merancang strategi pembelajaran yang efektif dan seefisien mungkin. Salah satunya yaitu strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi plantedquestion, melalui strategi plantedquestion diharapkan murid dapat belajar lebih aktif. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas IV SD 032 Koto Perambahan, dan objeknya meningkatkan belajar siswa melalui strategi plantedquestion. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data ialah membahas hasil penelitian yang ada pada tabel-tabel kemudian dihitung berdasarkan frekuensi masing-masing. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi dan refleksi, maka penulis menyajikan data-data tersebut setelah dianalisis hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat di lihat pada kesimpulan berikut. Dari observasi ini diperhatikan bahwa hasil keaktifan belajar siswa SDN 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar didapatkan angka 76.25% yang dinyatakan dalam kategori berhasil. Ini berarti sesuai dengan diharapkan peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:09
Last Modified: 22 Jan 2016 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item