PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SIMULASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 KEBUN TINGGI KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR

Ilyas Susanty, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SIMULASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 KEBUN TINGGI KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011122.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa dalam berinteraksi, pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: kecendrungan menggunakan bahasa ibu, adanya sebahagian siswa kurang mengerti dengan bahasa Indonesia, dalam proses belajar mengajar guru menggunakan dua bahasa (bahasa ibu dan bahasa Indonesia). Berdasarkan latar belakang yang telah dirumuskan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peningkatan kemampuan berbicara bahasa Indonesia melalui metode simulasi siswa kelas IV SD Negeri 009 Kebun Tinggi Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 009 Kebun Tinggi kelas IV semester II tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 18 orang, terdiri dari 9 orang laki- laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV dalam pembelajaran berbicara. Hasil penelitiaan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa sebelum tindakan 61 dengan kategori “Rendah”. Sedangkan pada siklus pertama kemampuan berbicara siswa 71.61 dengan kategori “Sedang” kemudian pada siklus kedua 83.83 dengan kategori “Tinggi” pada siklus kedua ini ketuntasan klasikalnya telah tercapai yaitu 83.33. Berarti metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 009 Kebun Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:07
Last Modified: 22 Jan 2016 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item