Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 031 PULAU LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Saripa Aini (2010) PENGGUNAAN METODE KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 031 PULAU LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011117.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan minat belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 031 Pulau Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah” apakah metode permainan kartu domino dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 031 Pulau Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara professional. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah kelas III 031 Pulau Luas Semester satu tahun ajaran 2010. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 20 orang terdiri 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah bangun datar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumen. Maka penulis menyajikan data-data tersebut. Ternyata terdapat perbedaan minat siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan metode permainan kartu domino. Perbedaan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan kartu domino lebih baik dibandingkan dengan pengajaran sebelum menggunakan metode permainan kartu domino. Hasil observasi sebelum diadakan tindakan 50% dan hasil obsevasi sesudah tindakan 79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:05
Last Modified: 22 Jan 2016 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item