PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KALIMAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SESUAI GAMBAR MELALUI PENDEKATAN TERPADU DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Siti Padhilah, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KALIMAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SESUAI GAMBAR MELALUI PENDEKATAN TERPADU DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011109.pdf

Download (915kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode pendekatan terpadu pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan pembahasan meningkatkan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam pembelajaran di kelas secara profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada semester genap tahun ajaran 2009-2010. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Tes yang dilakukan sebagai pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari tes yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat melalui penerapan metode pendekatan terpadu. Ini bisa dilihat dari pertemuan pertama tanpa penerapan metode pendekatan terpadu bahwa kemampuan siswa dalam menulis kalimat cukup rendah, hanya mencapai skor rata-rata 42. Kemudian setelah penerapan metode pendekatan terpadu pada siklus pertama meningkatkan hasil dengan peningkatan 45. Pada siklus kedua dengan peningkatan 60 dan pada siklus ketiga dengan peningkatan kemampuan siswa sebesar 83. Adapun kemampuan siswa secara keseluruhan pada ketiga siklus cukup signifikan yang ini berarti bahwa metode pendekatan terpadu dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:00
Last Modified: 22 Jan 2016 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item