PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BERINTERAKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 034 TAROK DESA TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Dasri Leni, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BERINTERAKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 034 TAROK DESA TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201197.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara dalam berinteraksi, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun gelaja-gejala yang peneliti temui di lapangan adalah 1) Adanya sebahagaian siswa yag tidak bisa berbicara menggunakan Bahasa Indonesia, 2) Adanya sebahagian siswa yang belum mampu mengunakan vocal dengan tepat, 3) Rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan berbicara dengan mengunakan bahasa Indonesia, 4) Kebanyakan siswa belum mampu berkomunikasi dengan baik, 5) Penggunaan kosa kata dan ungkapan kurang baik. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dalam berinteraksi melalui strategi Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 034 Tarok Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 034 Tarok Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2009- 2010 dengan jumlah murid 23 orang, terdiri atas 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) variabel kemampuan berbicara dalam berinteraksi, (2) variabel penerapan strategi Role Playing. Tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kemampuan berbicara siswa sebelum tindakan berada pada kategori masih rendah dengan nilai 296 rata-rata 59,2. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pada materi berbalas pantun melalui Strategi Role Playing, kemampuan berbicara siswa meningkat dengan nilai 377 rata-rata 75,4 berada pada kategori baik. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan berbicara siswa dalam berinteraksi menyampaikan pesan melalui telepon melalui srtategi Role Playing mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan nilai 415 rata-rata 83 dengan kategori sangat baik. Artinya kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 034 Tarok Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dalam berinteraksi tentang berbalas pantun dan menyampaikan pesan melalui telephon telah mencapai 83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:54
Last Modified: 22 Jan 2016 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item