PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Irawati, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201195.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dengan menerapkan pendekatan RME dalam model pembelajaran kooperatfi tipe STAD dengan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2009/ 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada materi pokok Pecahan. Rata- rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 24,3%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 75,6%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan RME dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:50
Last Modified: 22 Jan 2016 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item