PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU

Binti Muawanah, (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201194.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar menulis karangan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: siswa masuk kelas tidak tepat pada waktunya, perlengkapan belajar siswa kurang lengkap, siswa masih ada yang mengantuk dan siswa tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan minat belajar menulis karangan melalui penerapan metode Discovery Inquiry pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IVA SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru kelas IVA semester II tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 40 orang, terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IVA dalam pembelajaran menulis karangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap minat belajar siswa sebelum tindakan mencapai 48 kategori “Rendah”, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry, minat siswa meningkat menjadi 62 kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II minat belajar menulis karangan siswa meningkat kembali menjadi 76,5 kategori “Baik Sekali” Artinya ada peningkatan minat belajar menulis karangan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IVA SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:49
Last Modified: 22 Jan 2016 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item