PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT DAN OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI O11 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG

Meri Andriani, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT DAN OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI O11 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201188.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas V SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Masa Persiapan Kemerdekaan, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Masa Persiapan Kemerdekaan siswa Kelas V SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan juga berupa tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 66,25 dan siswa yang mampu menyelesaikan soal- soal dengan baik hanya 14 orang artinya kemampuan siswa secara umum hanya mencapai 70%, dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 71,75, dan siswa yang mampu menyelesaikan dan menjawab soal-soal dengan baik mencapai 18 orang yang artinya kemampuan siswa secara umum telah mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Pemecahan Masalah Wankat dan Oreovocz secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:47
Last Modified: 22 Jan 2016 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item