Fatimah Beti (2010) PENERAPAN STRATEGI REFLEKTIF INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V/B SDN 008 KELURAHAN DELIMA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201178.pdf Download (600kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang selama ini motivasi siswa masih dikategorikan rendah. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung. Dalam proses pembelajaran siswa menoton dan tidak mau bertanya. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti tertarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada materi “ Keanekaragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian waktu., dengan penerapan strategi reflektif inkuiri. Sebagai subjek penelitian tindakan kelas ini siswa kelas V/B SDN 008 Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Pekanbaru. Tahun ajaran 2009/2010 denagan jumlah siswa sebanyak 36 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi reflektif inkuiri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajran IPS. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini penulis menggunakan rumus : P = F x 100% tindakan kelas ini diketahui bahwa pada : observasi siklus I pada pertemuan Berdasarkan analisis data, terjadi peningkatan pada tiap indikator motivasi dan indikator individual siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dikategorikan sangat tinggi untuk indikator motivasi, tinggi untuk indikator individual. Dari hasil analisis tersebut diperoleh 100% ketecapaian untuk indikator motivasi dan 83.3% kerercapaian untuk indikator individual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 01:42 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1468 |
Actions (login required)
View Item |