SRI HARTATI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181128PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181128PMT.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181128PMT.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181128PMT.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181128PMT.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181128PMT.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181128PMT.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181128PMT.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181128PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181128PMT.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181128PMT.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent PretestPosttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan ANOVA dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan penalaran matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. (2) Terdapat kontribusi antara pengetahuan awal matematika dengan penalaran matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap penalaran matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap penalaran matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14668 |
Actions (login required)
View Item |