PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 034 KAMPAR

Sri Hayati, (2010) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 034 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201172.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan murid dalam belajar tergantung pada penggunaan metode oleh guru dan aktivitas yang dilakukan murid. Oleh karena itu dalam belajar murid dituntut untuk aktif dan guru juga dituntut untuk menggunakan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran dan untuk menciptakan kondisi belajar yang mengarahkan murid untuk melakukan aktivitas. Banyak macam metode yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas murid, diantaranya metode Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil kemampuan murid sebelum tindakan dan nilai tes hasil kemampuan setelah tindakan dengan menggunakan metode Inquiry. Nilai sebelum tindakan diperoleh dari nilai ulangan murid pada pokok bahasan sebelumnya yaitu mengenai permasalahan sosial, sedangkan nilai sesudah tindakan diambil dengan memberikan tes setelah menggunakan metode Inquiry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan murid memahami materi pencemaran lingkungan di kelas IV SDN 034 Kampar. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes atau evaluasi. Untuk menganalisa data hasil tes dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan murid memahami materi pencemaran lingkungan. Hal ini terlihat dari observasi siklus I, II, III, seluruhnya menunjukkan kenaikan yaitu Siklus I (42,85 %), Siklus II (64,28 %), Siklus III ( 89,28 %), melebihi angka 75 % yang telah ditetapkan kriteria ketuntasan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:39
Last Modified: 22 Jan 2016 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item