Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE SOCRATES DI KELAS V SDN 002 BALAM MERAH KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN

Zuraida (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE SOCRATES DI KELAS V SDN 002 BALAM MERAH KECAMATAN BUNUT KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201162.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survey di kelas V SDN 002 Balam Merah Kecamatan Bunut, ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran IPS sebagai berikut: 1) Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, terlihat dari hasil evaluasi khususnya pada pelajaran IPS, dari 24 orang siswa, hanya sekitar 12 orang siswa yang memperoleh nilai di atas 65 yang telah ditentukan dan sisanya 12 belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 yang ditetapkan. 2) Siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, terlihat bahwa lebih dari 14 siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan benar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan dengan judul: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Socrates Di Kelas V SDN 002 Balam Merah Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Metode Socrates dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas V SDN 002 Balam Merah Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Socrates pada mata pelajaran IPS, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 65,0 atau dengan kategori sedang. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata 70,8 atau dengan kategori sedang. Adapun persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada siklus sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus kedua sebesar 87,5%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Socrates dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 002 Balam Merah Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:34
Last Modified: 22 Jan 2016 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item